Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan terjadi penurunan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Hal ini terjadi dalam kurun seminggu terakhir.

Anies Baswedan awalnya memaparkan data hasil survei survei tim gabungan Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Indonesia, Unicef, serta kader puskesmas. Berdasarkan data, setidaknya ada tiga indikator yang memperlihatkan penurunan.

Rinciannya, penerapan memakai masker dan menjaga jarak aman hanya sebesar 40%. Selanjutnya, mencuci tangan dengan sabun hanya sebesar 10%. Padahal sebelumnya, ketiga indikator ini penerapannya bisa mencapai angka 85%.

Atas hal ini, mantan Mendikbud itu mengingatkan masyarakat untuk tidak bosan menerapkan disiplin prokes COVID-19. Menurut Anies, virus COVID-19 tidak kenal rasa bosan dan bisa menyerang siapa pun.

“Sekali lagi, kami mengingatkan agar terus menerapkan disiplin protokol kesehatan 3M, meskipun kita bosan dan jenuh tetapi virusnya tak kenal bosan, tak kenal jenuh. Dan sering juga saya katakan bahwa memakai masker memang tidak nyaman, tetapi lebih tidak nyaman apabila dirawat karena positif COVID-19,” kata Anies dalam keterangan tertulis Pemprov DKI, Selasa (23/3/2021).

Anies menyoroti perlunya peningkatan disiplin 3M dan dibarengi dengan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Penerapan keduanya, sebut Anies, bisa mempercepat pemulihan sektor kesehatan dan ekonomi yang dihantam pandemi COVID-19.

“PPKM Mikro ini berdampak efektif juga harapannya beriringan dengan disiplin 3M, ditambah lagi dengan keberadaan vaksin yang akan menjadi game changer dari pandemi ini,” tegasnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro hingga 5 April 2021. Sejauh ini, pelaksanaan pembatasan ini mampu menurunkan laju kasus aktif COVID-19 di Ibu Kota.

Perpanjangan PPKM mikro tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 294 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro dan Instruksi Gubernur Nomor 13 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro tingkat RT.

(imk/imk)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments