AmanImanImun.com – Kementerian Kesehatan memastikan akan segera membuat edaran untuk pelaksanaan vaksinasi booster lanjutan pada pekan ini. Namun untuk tahap awal, kebijakan ini hanya berlaku bagi tenaga kesehatan.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu saat berbincang dengan CNBC Indonesia mengatakan, kebijakan ini akan mulai diberlakukan besok.

“Mulai besok [diberlakukan],” kata Maxi, Kamis (28 Juli 2022).

Maxi mengatakan untuk tahap awal, vaksinasi booster akan diperuntukkan bagi aparat tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan booster dosis pertama. “Untuk saat ini, baru SDM kesehatan,” kata Maxi.

Lantas, bagaimana vaksinasi booster bagi masyarakat secara umum? Maxi mengatakan, hingga saat ini pemerintah belum memutuskan kapan kebijakan suntikan vaksinasi booster lanjutan bagi masyarakat umum.

“Belum ada kebijakan itu, karena kita masih konsentrasi menyelesaikan booster pertama untuk masyarakat umum yang masih rendah baru 30%.” kata Maxi.

Namun, Maxi menegaskan pemerintah tetap membuka peluang bagi masyarakat mendapatkan vaksinasi booster kedua. Saat ini, pemerintah masih mengkaji sero survei antibodi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi booster dosis pertama.

“Akan kami kaji setelah juga mendapat hasil sero survei antibodi yang sedang dilakukan,” kata Maxi.

Pemerintah memang tengah merencanakan vaksinasi Covid-19 booster kedua alias dosis keempat. Keputusan ini diambil lantaran masa antibodi pasca vaksinasi hanya bertahan selama enam bulan.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengemukakan hingga saat ini belum ada tanda-tanda pandemi Covid-19 berakhir. Maka dari itu, perlu antibodi lanjutan khususnya bagi kelompok rentan.

“Apabila nanti pandemi terjadi berkepanjangan, maka ada suatu rekomendasi dari berbagai pihak untuk vaksinasi booster kedua khususnya pada kelompok berisiko contohnya lansia, tenaga kesehatan, dan yang melayani publik,” kata Syahril,

Baca Juga: Tim Unpad dan Australia Gunakan Metode Baru Riset Vaksin Booster Covid-19

Sumber: CNBC Indonesia | Editor: Hegi
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments