Home Home #RamadanBugar: Pentingnya Sahur selama Bulan Ramadan yang Bisa Memberikan Dampak Positif Ini untuk Tubuh

#RamadanBugar: Pentingnya Sahur selama Bulan Ramadan yang Bisa Memberikan Dampak Positif Ini untuk Tubuh

by Geralda talitha
#RamadanBugar

AmanImanImun – #RamadanBugar tidak akan bisa tercipta apabila Anda melewatkan momen sahur. Momen sahur seringkali memang terasa berat untuk dijalani karena harus dilakukan di waktu subuh.

Berbagai tantangan untuk menciptakan #RamadanBugar bisa terasa, apabila Anda sulit untuk menahan rasa kantuk hingga memilih untuk melewat waktu sahur.

Padahal sahur bisa dikatakan menjadi penunjang penting untuk #RamadanBugar di bulan suci. Sebabnya, karena sahur adalah waktu terakhir yang harus kita manfaatkan untuk memasukan asupan bergizi dalam tubuh.

Dengan asupan bergizi yang dikonsumsi saat sahur, maka nantinya dapat membantu Anda untuk menjalani ibadah puasa selama kurang lebih 14 jam lamanya.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa dirasakaan ketika menjalani sahur di waktu subuh saat bulan suci Ramadan? Untuk mengetahui jawabannya simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Memberikan Energi untuk Menjalani Puasa: Sahur memberikan kesempatan untuk mengisi ulang energi dan nutrisi yang diperlukan untuk menjalani puasa seharian. Makan sahur membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghindari rasa lapar dan kelelahan selama puasa.

2. Mempertahankan Kesehatan Tubuh: Sahur memungkinkan tubuh untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup sehingga metabolisme tetap berjalan dengan baik. Ini membantu menjaga kesehatan fisik dan mental selama bulan puasa.

3. Menjaga Konsentrasi dan Produktivitas: Dengan makan sahur, seseorang dapat mempertahankan tingkat konsentrasi dan produktivitas yang baik selama aktivitas sehari-hari. Nutrisi yang cukup dari sahur membantu otak berfungsi optimal.

4. Mendukung Kebiasaan Hidup Sehat: Sahur menjadi momen untuk memilih makanan yang sehat dan seimbang. Ini menciptakan kesadaran akan pola makan dan memperkuat kebiasaan hidup sehat, seperti mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan makanan berserat.

5. Menjaga Keseimbangan Emosional: Makan sahur dapat membantu menjaga keseimbangan emosional selama bulan Ramadan. Dengan menjaga tubuh tercukupi nutrisi, seseorang cenderung lebih tenang dan mampu menghadapi tantangan sehari-hari dengan lebih baik.

6. Memperkuat Solidaritas dan Kepedulian Sosial: Sahur sering kali menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan komunitas. Ini memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan rasa solidaritas antar sesama Muslim yang sedang menjalani ibadah puasa.

7. Menambah Keberkahan pada Amalan Puasa: Rasulullah SAW menyebutkan bahwa sahur memiliki berkah, dan makan sahur merupakan tindakan yang dianjurkan dalam agama Islam. Dengan menjalankan sunnah ini, seseorang dapat menambah keberkahan dalam ibadah puasanya.

Sahur memiliki peran penting dalam mempersiapkan #RamadanBugar agar dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman dan bermakna.

Dengan memperhatikan sahur, seseorang tidak hanya memberikan energi bagi dirinya sendiri, tetapi juga menghormati sunnah Nabi Muhammad SAW dan memperkuat hubungan sosial dalam komunitas Muslim.

Oleh karena itu, penting untuk tidak melewatkan sahur dan memanfaatkannya sebagai bagian integral dari ibadah puasa selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Sederet Hal yang Membatalkan Puasa, Selain Makan dan Minum

related posts

Leave a Comment