JAKARTA, KOMPAS.com – Proses vaksinasi pada anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) ditargetkan rampung pada akhir April 2021.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat menghadiri vaksinasi tahap kedua di Skuadron Udara 32, Malang, Jawa Timur, Jumat (12/3/2021).

“Saat ini kita telah memasuki jadwal vaksinasi tahap 2 untuk prajurit TNI. Vaksinasi telah dimulai di beberapa tempat sejak 1 Maret 2021. Diharapkan pada akhir April 2021 seluruh prajurit TNI sudah memperoleh vaksinasi,” jelas Hadi dalam keterangan tertulis.

Hadi menyebut vaksinasi pada seluruh anggota TNI harus segera diselesaikan agar dapat membantu proses vaksinasi nasional.

Baca juga: Mabes TNI Sasar 1.000-an Prajurit TNI Jalani Vaksinasi Covid-19

“Kita berharap semoga serbuan vaksinasi Covid-19 bagi prajurit TNI dapat berjalan lancar dan berkontribusi pada program vaksinasi nasional,” katanya.

Hadi juga mengingatkan para anggotanya agar selalu patuh pada protokol kesehatan.

Sebab, ia melanjutkan, mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 tidak sepenuhnya menjamin aman dari penularan virus tersebut.

“Vaksin bukan obat dan bukan membuat kita kebal. Telah divaksin berarti tubuh kita akan membangun mekanisme pertahanan diri, sehingga lebih kuat dalam menghadapi musuh berupa virus Covid-19,” paparnya.

“Tapi senjata utama kita tetap disiplin protokol kesehatan,” tegas Hadi.

Baca juga: 1.300 Anggota TNI di Jaksel Akan Disuntik Vaksin Covid-19

Diketahui sebanyak 1.323 prajurit TNI di seluruh Malang, mendapatkan vaksinasi pada siang tadi.

Sebagai informasi Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Mayjen Tugas Ratmono mengatakan sebanyak 447.000 anggota TNI akan segera divaksinasi sampai akhir April mendatang.

Tugas menerangkan, vaksinasi di prioritaskan pada anggota TNI yang bertugas membantu pedisiplinan protokol kesehatan.

Seperti tenaga kesehatan TNI, para Babinsa, Babinpotmar, dan Babinpotdirga yang bertugas sebagai tracer Covid-19 bersama surveilans dari Kementerian Kesehatan.

“TNI sejumlah 447 ribu orang yang terdata jadi sasaran vaksin. Ini akan kita selesaikan tentunya sebelum Juni. Kita harapkan malah kalau bisa April sudah selesai untuk seluruh prajurit TNI dan juga PNS,” terang dia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments