Jakarta – Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan ada perubahan dalam PPKM itu, yakni soal belajar tatap muka.

“Ada perubahan cuma untuk pendidikan di perkuliahan sudah diperbolehkan dengan prokes khusus,” kata Riza kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Dia mengatakan mahasiswa dinilai lebih paham prokes. Dia berharap mahasiswa bisa cepat berinteraksi dengan program yang ada.

“Dimungkinkan tatap muka dengan protokol kesehatan melalui uji coba di kampus. Uji coba di kampus dulu karena ini lebih senior, lebih dewasa diharapkan bisa lebih cepat berinteraksi dan menyesuaikan program yang ada,” ujar Riza.

Riza juga menyebut Dinas Pendidikan sedang merancang program pendidikan tatap muka di sekolah. Politikus Gerindra itu menargetkan ada 50 hingga 100 sekolah yang mengikuti uji coba belajar tatap muka.

“Pada waktunya kita akan launching uji coba terbatas tatap muka secara offline dengan campuran antara offline dan online tentunya dengan batasan tidak lebih dari 50 persen di beberapa sekolah dari SD-SMA kita akan uji cobakan di seluruh Jakarta,” terang Riza.

“Ya mungkin sampai 50-60 paling banyak 100 sekolah yang akan kita uji cobakan dalam 2 bulan ke depan. Nanti kita akan liat hasilnya. Kalau hasilnya baik ke depan akan kita tingkatkan lagi,” sambung dia.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan uji coba atau pilot project pelaksanaan sekolah tatap muka secara terbatas. Disdik DKI menargetkan tahapan verifikasi dan analisis selesai pada April mendatang.

“Sekitar bulan April ini (asesmen selesai). Ini sedang kita verifikasi kalau sudah fix berapa sekolahnya. Setiap wilayah pasti ada piloting,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jaka.

Pemprov DKI Jakarta sendiri telah memperpanjang PPKM mikro hingga 5 April 2021. Sejauh ini, pelaksanaan pembatasan ini mampu menurunkan laju kasus aktif COVID-19 di Ibu Kota.

Perpanjangan PPKM mikro tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 294 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro dan Instruksi Gubernur Nomor 13 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro tingkat RT.

Simak juga video ‘Sekolah Akan Dibuka, Ribuan Guru di Tasikmalaya Masih Belum Divaksin’:

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/haf)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments