Jakarta

Pemerintah melakukan pengetatan PPKM Mikro di 43 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali lantaran kasus Corona naik hingga 34 persen. Ke-43 kabupaten/kota tersebut diminta meningkatkan testing Corona sesuai target.

“Dan kami juga meminta agar pemerintah daerah juga mempersiapkan infrastruktur pelaksanaan daripada PPKM tersebut. Dan juga diminta posko-posko di daerah bekerja sama dengan forkominda untuk meningkatkan testing dan tracing-nya,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/7/2021).

Menteri yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) ini meminta ke-43 kabupaten/kota patuh pada instruksi Mendagri terkait testing dan tracing. Target testing dan tracing tertuang dalam instruksi Mendagri.

“Di dalam instruksi Mendagri di halaman 10 itu sudah ditegaskan berapa masing-masing kota itu ditargetkan melakukan peningkatan tracing,” ungkapnya.

Airlangga menjelaskan bahwa varian Delta Corona ini membuat tracing harus dilakukan per hari. Hal ini sesuai dengan standar WHO.

“Jadi dengan varian delta ini kita meningkatkan tracing per hari sehari, sehingga masing-masing kota di 43 kabupaten/kota melakukan pengetesan dan tracing sesuai standar yang ditentukan oleh WHO,” tuturnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments