Jakarta

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris mengunggah foto kerumunan tanpa protokol kesehatan (prokes) di Pasar Pademangan, Jakarta Utara. Melalui unggahannya itu, Charles mempertanyakan efektivitas PPKM mikro.

Charles memposting sejumlah foto kerumunan yang dimaksud di akun Instagram-nya, @charleshonoris. Foto-foto yang diunggah Charles memang memperlihatkan kerumunan orang di Pasar Pademangan tersebut.

“Kondisi salah satu pasar di Jakarta dua hari ini. PPKM Mikro efektif?” kata Charles dalam sebuah unggahan di akun Instagram-nya. Charles sudah mengizinkan unggahannya dikutip, Selasa (29/6/2021).

Politikus PDIP ini menyebut kerumunan di pasar itu terjadi kemarin dan hari ini. Tak hanya berkerumun, dia menilai hampir semua protokol kesehatan dilanggar.

“PPKM Mikro katanya sudah diperketat pelaksanaannya, tetapi kok masih ada orang berjubel di pasar begitu ya? Bisa dilihat sendiri, mereka tidak jaga jarak dan sebagian tidak memakai masker,” ucap Charles.

Charles mengaku sejak awal sudah menyarankan pemerintah memberlakukan pembatasan mobilitas masyarakat secara besar-besaran. Dia mengusulkan agar sejumlah tempat, seperti pasar dan kantor, ditutup sementara.

“Dari awal usul saya diberlakukan pembatasan mobilitas besar-besaran dalam bentuk PSBB, minimal di Pulau Jawa. Otomatis pasar, sekolah, kantor, rumah ibadah ditutup sementara,” ujarnya.

“Bayangkan kalau ada satu orang terinfeksi varian Delta melintas di pasar itu, berapa banyak orang yang akan tertular? Sementara RS sekarang sudah full,” lanjutnya.

Simak Video: Opsi PPKM Darurat Muncul Saat Corona Makin Menggila

[Gambas:Video 20detik]

(maa/zak)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments